Pertama Kalinya, SMK TI Bali Global Badung Menggelar Kegiatan Robotic Bootcamp Bersama Axioo

 

Sebanyak 15 tim siswa/i SMP di Bali mengikuti kegiatan Robotic Bootcamp Bersama Axioo di SMK TI Bali Global Badung. Adapun kegiatan ini dibuka pada hari Rabu, 22 Februari 2023 oleh Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, SH. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh SMK TI Bali Global Badung dalam rangka kerja sama bersama PT. Tera Data Indonusa. Beliau berharap kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan bagi siswa/i SMP. 

    

Ketua pelaksana Axioo Robotic Bootcamp yaitu Ibu Ida Ayu Made Ari Widyawati, S.Pd.H., melaporkan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara SMK TI Bali Global Badung dengan PT. Tera Data Indonusa serta ITB STIKOM Bali dalam program Axioo Mengajar. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni mulai tanggal 21-23 Februari 2023, yang diawali dengan pelatihan tutor sebaya untuk siswa/i SMK TI Bali Global Badung yang diikuti oleh 22 siswa/i, kemudian dilanjutkan dengan bootcamp siswa SMP yang berjumlah 15 tim berasal dari: 

1. SMP Tegal Jaya (2 tim)

2. SMPN 2 Mengwi              (1 tim) 

3. SMPN 1 Kuta Utara (1 tim)

4. SMPN 3 Kuta Utara (1 tim)

5. SMPN 4 Kediri (1 tim)

6. SMPN 2 Denpasar (1 tim)

7. MTS. Generasi Emas (2 tim)

8. SMP Sapta Andika (2 tim)

9. SMPK 2 Harapan         (1 tim)

10. SMPN 2 Kuta Utara (2 tim)

11. SMP Harapan Nusantara (1 tim)

   

Pada acara pembukaan ini, hadir pula tim dari axioo yang diwakili oleh Bapak Rahman Falentinus dan Ibu Indah selaku pemateri pada kegiatan pelatihan dan bootcamp ini. Masing-masing tim mendapat materi tentang robotik dan didampingi oleh siswa/i yang mengikuti pelatihan tutor sebaya. Seluruh tim diajarkan cara mengintegrasikan robot melalui kode program agar robot tersebut bisa bergerak sesuai yang diarahkan oleh kode program. 

   

Guru pendamping dari masing-masing tim juga sangat antusias menemani timnya mempelajari tentang robotik serta berharap kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh SMK TI Bali Global Badung untuk mengenalkan lebih dini tentang teknologi robotik yang bisa dibuat oleh siswa/i pada tingkat sekolah menengah pertama. Semoga dengan adanya bootcamp ini, para siswa/i mendapat pengalaman serta ilmu baru tentang robotik.


(Humas)