CARA EFEKTIF BELAJAR MATEMATIKA

 

Benarkah matematika itu sulit? Benarkah matematika itu membosankan? Nah tidak dipungkiri lagi bahwa anggapan matematika sulit dan membosankan sudah lama ada dalam pola pikir sebagian siswa. Lalu bagaimana cara agar matematika menjadi sesuatu yang bisa dikuasai? 

Berikut adalah cara efektif belajar matematika agar mudah dikuasai yaitu:

1. Sukai matematika

Awali dengan rasa suka terhadap matematika itu sendiri. Bukankah kita memilih sesusatu awalnya karena rasa suka? Begitu juga ketika kita memilih untuk bisa menguasai matematika ya harus diawali dengan rasa suka.

2. Mencatat rumus

Matematika menjadi salah satu pelajaran yang juga dekat dengan rumus, sama seperti Fisika atau bahkan Kimia. Supaya rumus-rumus ini bisa dipahami dan bahkan dihafalkan di luar kepala. Buat catatan khusus sehingga bisa dibaca setiap saat ketika ada waktu luang.

3. Pahami rumus

Rumus bukanlah sesuatu yang sebaiknya dihafalkan, melainkan sesuatu yang sebaiknya dipahami. Artinya, seluruh daftar rumus yang sudah dirangkum di poin sebelumnya jangan dihafalkan. Tapi pahami apa rumus itu, apa fungsinya, dan digunakan untuk menghitung apa. Jika dipahami maka logika sudah berjalan, sehingga kedepannya bisa terus ingat detail rumus tersebut. Sekaligus paham bagaimana menghadapi soal dalam bentuk apapun agar bisa masuk ke rumus tadi.

4. Gunakan trik cepat untuk menjawab soal

Saat menghadapi soal pastikan punya trik cepat untuk mengerjakannya. Mulailah dulu dari soal paling mudah, jika menemukan soal sulit baca dulu beberapa kali. Gunakan alat bantu, misalnya membuat tabel perhitungan, tabel rumus, dan sejenisnya.

5. Latihan terus

Kamu dan siapapun butuh latihan secara rutin. Manfaatkan berbagai media dan jaringan yang dimiliki untuk mendapatkan bank soal. Kerjakan rutin selama jam belajar, maka perlahan akan terbiasa menghadapi soal-soal Matematika. Meskipun soalnya menggunakan angka berbeda dan soal cerita berbeda, pada prinsipnya punya skema penyelesaian yang sama.

6. Berani bertanya

Matematika memang bisa membuat kamu stres apalagi jika cara belajar Matematika yang diterapkan hanya bergantung pada kemampuan sendiri. Libatkan orang lain dan sering bertanya, agar bisa menemukan solusi dari soal-soal sulit.


(Ni Wayan Kantiani, S.Pd)