TIPS BELAJAR FISIKA YANG MENYENANGKAN

 

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan erat dengan kehidupan. Sebagian besar siswa mengatakan fisika merupakan pelajaran yangvmenakutkan karena untuk memperoleh nilai di atas rata-rata (KKM) perlu tantangan dan perjuangan. Tak jarang mereka beranggapan bahwa guru yang mengajar pelajaran fisika rata-rata galak atau diistilahkan dengan istilah “guru killer”. Padahal, sebenarnya mata pelajaran fisika itu sangat asyik untuk dipelajari. Mau tau cara belajar fisika yang menyenangkan, berikut tipsnya:

1. Ubahlah mindset/outlook bahwa fisika itu menyenangkan

Salah satu hal yang membuat banyak orang berpikir jika fisika merupakan pelajaran yang sulit adalah mindset/outlook dari diri mereka sendiri. Agar belajar fisika menjadi kegiatan yang menyenangkan ubah cara pandang dan atur dalam pikiran bahwa fisika merupakan mata pelajaran yang mudah untuk dipelajari.

2. Pahami konsep terlebih dahulu

Supaya memahami setiap materi, akan lebih baik jika dimulai dari paham konsep ilmu fisika terlebih dahulu. Akan menjadi sebuah hambatan jika harus menghafal atau menggunakan sebuah rumus tanpa mengetahui tujuan menggunakannya. Selain rumus, singkatan juga perlu untuk dipelajari agar paham dan mengerti maksud dari singkatan itu dan tidak salah arti.

3. Belajar dari materi yang paling mudah

Tips belajar fisika berikutnya yaitu, mulai belajar dari materi yang paling mudah atau setidaknya yang sudah dikuasai. Hal ini merupakan kegiatan dasar yang biasa dilakukan ketika belajar, tidak hanya fisika saja namun semua mata pelajaran. Belajar dari materi yang mudah akan membuat otak mengingat kembali materi yang pernah dipelajari sebelumnya.

4. Rajin berlatih

Setelah mempelajari materi yang mudah, jangan lupa untuk berlatih soal agar semakin paham. Hal yang dapat dilakukan seperti mengerjakan latihan soal dari yang termudah dahulu sebagai pemanasan baru beralih ke soal yang lebih sulit. Salah satu tips mudah belajar fisika bisa dimulai dari mengerjakan latihan di buku pegangan yang dimiliki karena biasanya buku tersebut tidak hanya materi namun juga terdapat soal latihan.

5. Jangan lupa mencatat

Tips belajar fisika yang tidak kalah penting yaitu mencatat setiap materi yang tidak dimengerti. Kegiatan ini sangat penting, karena dengan mencatat anak bisa mengetahui bagian atau materi apa yang menurutnya sulit untuk dipahami. Terlebih hasil tulisan sendiri akan mudah dipahami karena ditulis sesuai dengan kebutuhannya.

6. Bertanya kepada guru

Sesaat setelah guru menjelaskan biasanya, akan diberikan kesempatan bertanya. Saat itulah, waktu yang tepat untuk menanyakan bagian dari materi mana yang kurang dimengerti. Materi fisika yang berisikan banyak teori dan rumus rumit membuat beberapa anak kesulitan. Oleh sebab itu, manfaatkan momen tersebut untuk bertanya.

7. Mengingat rumus dengan cara menyenangkan

Pelajaran fisika dikenal  memiliki banyak rumus. Beberapa anak terkadang kesulitan dan menganggap rumus sebagai momok yang menakutkan. Menghafal rumus bukan hal yang mudah, terlebih dengan jumlah yang sangat banyak. Alih menghafal cobalah untuk mengingatnya agar tidak terbebani dengan anggapan tersebut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat note kecil untuk mencatat rumus rumus dan berisi keterangannya, note tersebut bias ditempelkan pada lemari belajar. Hal tersebut  dapat membantu siswa agar ingat dengan rumus tersebut.

8. Membuat kelompok belajar

Cara yang cukup menyenangkan untuk belajar fisika yaitu dengan membentuk kelompok belajar. Belajar berkelompok biasanya disukai anak karena selain dapat bekerja sama, mereka lebih leluasa mengeluarkan pendapatnya.

9. Belajar mandiri atau privat

Selain belajar kelompok, cara berikutnya yaitu dengan belajar mandiri atau bisa juga mengambil les privat fisika. Beberapa anak terkadang lebih menyukai belajar dalam keheningan dengan caranya sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, belajar mandiri ini sangat dianjurkan bagi mereka.


(Ni Nyoman Dita Tri Pramida, S.Pd)