Robotik Karya Siswa/i SMK TI Bali Global Badung

 

Sebuah karya luar biasa yang dibuat oleh siswa/i SMK TI Bali Global Badung karena telah menghasilkan sebuah karya berupa robotik di bawah bimbingan Bapak I Wayan Cikayana, S.Pd selaku guru produktif. Hasil karya ini telah dipamerkan pada kegiatan Gota Festival serangkaian acara HUT ke-6 SMK TI Bali Global Badung yang lalu. Hal ini tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi SMK TI Bali Global Badung karena siswa/i mampu membuat suatu hasil karya berupa robotika yang mengikuti garis (line following).

   

Sedangkan robotik yang dibuat adalah berupa robot yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat mengikuti garis atau arah lintasan yang diberikan (line following). Bahan yang digunakan pada robot ini diantaranya adalah arduino yaitu sebagai sumber atau inti untuk menerima informasi atau penginputan data, kemudian sensor infra merah yang berfungsi untuk mendeteksi garis lintasan dimana sistem dari sensor inframerah bereaksi terhadap gelap terang dari garis, chasis, baut, ban, dan printilan lain, serta menggunakan dinamo sebagai penggerak roda. 

   

Perakitan diawali dengan menyiapkan chasis terlebih dahulu lalu pasang dinamo penggerak motor, kemudian pasang ban, jika sudah seperti miniatur mobil, pasang sensor dari robot pada bagian depan. Selanjutnya adalah pemasangan inti dari pemrosesan tersebut menggunakan sistem arduino uno, lalu menggunakan motorsil untuk mengendalikan dinamo. Jika terjadi permasalahan, harus segera diperiksa untuk mencari troubleshootnya, kemudian harus melihat skema terlebih dahulu setelah itu baru kemudian program bisa diulang kembali sesuai keinginan. 

   

Semoga dengan adanya karya game dua dimensi ini, SMK TI Bali Global Badung dapat meningkatkan kualitasnya dalam melahirkan generasi emas yang mahir di bidangnya. 


(Humas)