Game 2 (Dua) Dimensi Karya Siswa/i SMK TI Bali Global Badung

 

Siswa/i SMK TI Bali Global Badung menghasilkan sebuah karya berupa game dua dimensi. Hasil karya ini telah dipamerkan pada kegiatan Gota Festival serangkaian acara HUT ke-6 SMK TI Bali Global Badung yang lalu. Mereka didampingi dan dibina langsung oleh Bapak Putu Ade Pranata, S.Kom selaku guru produktif sekaligus Kaprog RPL pada pembuatan game dua dimensi. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi SMK TI Bali Global Badung karena siswa/i mampu membuat suatu hasil karya berupa game dua dimensi.

Adapun game dua dimensi yang dibuat sebanyak 3 (tiga), yaitu:

1. Jalan menuju SMK TI Bali Global Badung dimana permainan ini mirip dengan game mario bross yang mana pemain harus melalui beberapa rintangan sebelum akhirnya menuju ke garis finish yang dalam hal ini adalah SMK TI Bali Global Badung. 

2. Flappy bird dimana pemain harus membantu karakter burung untuk melewati rintangan agar mendapat poin serta game ini dibuat dengan versi SMK TI Bali Global Badung.

3. Pemadam kebakaran yaitu pemain harus memadamkan api dengan mobil pemadam kebakaran.

Proses pembuatan game ini diawali dengan mencari ide, cerita, alur, dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan membuat desain aset (gambar pada game) menggunakan aplikasi yaitu adobe ilustrator. Adobe ilustrator memudahkan kita dalam membuat desain halaman game atau karakter yang diperlukan. Lalu seluruh aset digabungkan menjadi sebuah game melalui aplikasi construct 3. Aplikasi ini memiliki fitur yang memudahkan seseorang dalam membuat game. Namun, ada hal yang perlu diketahui ketika menggunakan aplikasi ini yaitu pada bagian event terdapat komponen berupa object, kondisi, dan aksi. 

Semoga dengan adanya karya game dua dimensi ini, SMK TI Bali Global Badung dapat meningkatkan kualitasnya dalam melahirkan generasi emas yang mahir di bidangnya. 


(Humas)