Pameran Hasil Karya Robotik dan Game 2 (dua) Dimensi oleh Siswa/i SMK TI Bali Global Badung pada Pembukaan Gota Festival HUT ke-6 SMK TI Bali Global Badung

 

Pembukaan acara Gota Festival HUT ke-6 SMK TI Bali Global Badung yang berlangsung pada Senin, 7 November 2022 berlangsung dengan lancar yang diawali dengan jalan sehat. Rute jalan sehat pada HUT ke-6 SMK TI Bali Global Badung adalah dimulai dari SMK TI Bali Global Badung, Jalan Tibung Sari, kemudian Jalan Padang Luwih, kemudian kembali lagi ke SMK TI Bali Global Badung. Acara jalan sehat dibuka secara langsung oleh Pembina Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar yakni Bapak Prof. Dr. I Made Bandem, MA yang didampingi dengan undangan lain yang hadir.

   

Setelah acara jalan sehat berlangsung, acara dilanjutkan dengan Pembukaan Gota Festival. Acara pembukaan ini dihadiri oleh seluruh Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar diantaranya Bapak Prof. Dr. I Made Bandem, MA., Bapak Ida Bagus Dharmadiaksa, Ak., M.Si., Bapak Dr. Dadang Hermawan, dan Bapak I Gusti Ngurah Wardana, S.Pt., MM.Kom., Perwakilan SMK TI Bali Global Jimbaran, Pengawas Disdikpora Provinsi Bali, Perwakilan Kabid Pembinaan SMK Disdikpora, Direktur LPK Darma, Direktur Politeknik Nasional Denpasar, Ketua Karang Taruna Denpasar, Kaling Br. Kwanji, Klian Adat Br. Kwanji, Babinsa Desa Dalung, Pimpinan Axelio, Babinpolmas Desa Dalung, dan seluruh warga SMK TI Bali Global Badung. Tak hanya itu, siswa/i serta Bapak/Ibu Guru dari SMPN 2 Kuta Utara, SMPN 3 Kuta Utara, SMP PGRI 8 Denpasar juga turut menghadiri undangan untuk mengunjungi Pameran Robotik dan Game 2 (dua) Dimensi Karya Siswa SMK TI Bali Global Badung. Mereka sangat bersemangat dan tertarik melihat hasil karya siswa serta ingin tahu cara pembuatan robotik dan game tersebut.

   

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, serta pembacaan laporan kegiatan HUT ke-6 SMK TI Bali Global Badung oleh Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H. Dalam laporannya, Beliau menyampaikan seluruh rangkaian kegiatan seperti adanya lomba dan olimpiade, Pameran Robotik dan Game 2 Dimensi Karya Siswa SMK TI Bali Global Badung, dan bazzar food court untuk membantu perekonomian masyarakat. Selain itu, disampaikan pula tujuan Gota Festival ini adalah mengembangkan bakat siswa/i dan memberikan wawasan kepada siswa dan masyarakat akan pentingnya teknologi informasi serta memperkenalkan beberapa lembaga pendidikan formal dan informal. Selanjutnya  adalah sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar sekaligus Rektor ITB STIKOM Bali yakni Bapak Dr. Dadang Hermawan yang mana Beliau berharap SMK TI Bali Global Badung dapat terus meningkatkan eksistensinya dengan melakukan kerja sama terhadap Dunia Usaha dan Dunia Industri sehingga nantinya siswa/i lulusan SMK TI Bali Global Badung menjadi lulusan yang mampu berwirausaha. 

   

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan Gota Festival yang ditandai dengan scanning tangan oleh Perwakilan Kabid Pembinaan SMK Disdikpora yakni Bapak I Gusti Agung Yana Setiawan, SE., MM., dan didampingi oleh seluruh Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar yang hadir, Pengawas Disdikpora Provinsi Bali, Direktur LPK Darma, Direktur Politeknik Nasional Denpasar, dan Kepala SMK TI Bali Global Badung serta diiringi tabuh baleganjur oleh siswa yang tergabung dalam ekstra tabuh SMK TI Bali Global Badung. Setelah itu, para undangan mengunjungi Pameran Robotik dan Game 2 (dua) Dimensi Karya Siswa SMK TI Bali Global Badung serta pameran dari lembaga pendidikan lainnya dan bazzar food court UMKM. Dalam Pameran Robotik dan Game 2 (dua) Dimensi Karya Siswa SMK TI Bali Global Badung, terdapat hasil foto karya siswa, game 2 (dua) dimensi yang dapat dimainkan langsung oleh pengunjung pameran, serta robot mobil yang berisikan sensor dimana nantinya dengan sensor tersebut, robot mobil akan mengikuti garis lintasan yang telah dibuat. Para undangan dan pengunjung yang hadir sangat antusias menyimak penjelasan dari siswa dan guru produktif yang secara ramah dan sabar menjelaskan detail dari karya-karya siswa ini.

   

Acara pun dilanjutkan dengan pengundian door prize dan penampilan dari siswa/i SMK TI Bali Global Badung. Adapun hadiah door prize diantaranya flashdisk, magicom, dispenser, kipas angin, tablet, laptop, dan lain-lain. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara pembukaan Gota Festival ini. Sorai riuh penonton menambah keseruan saat pengundian hadiah utama yang paling dinantikan yaitu Sepeda Listrik yang diundi langsung oleh Bapak Dr. Dadang Hermawan selaku Ketua Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar sekaligus Rektor ITB STIKOM Bali.

   

Selain acara pembukaan Gota Festival, dilaksanakan juga pembukaan Volleyball Competition antar SMP se-Bali yang ditandai oleh pemukulan bola voli oleh Bapak Gede Putu Agustyawan, S.Pd selaku Wakasek Kurikulum. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan rasa terima kasih karena sudah hadir dan ikut berpartisipasi pada kompetisi ini. 

   

Beliau juga berharap dengan adanya kompetisi ini, kita mampu menumbuhkan semangat sportivitas dan kekeluargaan bagi siswa dan mencetak generasi emas yang berprestasi dalam bidang non akademik seperti olahraga. Kegiatan volleyball competition ini akan berlangsung sampai hari Jumat (11/11) mendatang. Adapun tim yang hari ini melakukan pertandingan adalah SMP Negeri 2 Abiansemal, SMP PGRI 8 Denpasar, SMP Negeri 1 Kuta Utara, dan SMP Negeri 4 Kuta Utara.


(Humas)