MENGENAL JARINGAN 5G

 

Sumber : arenalte.com

Teknologi 5G sudah mulai banyak digunakan oleh banyak providers penyedia jasa layanan internet dan juga merk handphone yang mengeluarkan produk terbaru mereka yang support teknologi 5G, meski pun belum semua daerah di Indonesia bisa menikmati koneksi 5G. Teknologi 5G akan segera menggantikan 4G di Indonesia. Sebelum kita bahas teknologi 5G lebih dalam mari kita bahas sedikit teknologi generasi sebelum adanya 5G.

Generasi pertama - 1G

1980-an: 1G mengirimkan suara analog.

Generasi kedua - 2G

Awal 1990-an: 2G memperkenalkan suara digital (misalnya CDMA- Code Division Multiple Access).

Generasi ketiga - 3G

Awal 2000-an: 3G membawa data seluler (misalnya CDMA2000).

Generasi keempat - 4G LTE

2010-an: 4G LTE mengantarkan era broadband seluler.

Perkembangan dari generasi 1G sampai dengan 5G semua dirancang untuk menyediakan konektivitas yang lebih baik. Teknologi 5G diyakini mampu mempercepat transformasi sosial ekonomi maupun budaya secara digital. Salah satu keunggulan dari jaringan 5G adalah kecepatan transfer data yang tinggi dan latensi yang rendah.

5G merupakan istilah standar perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi seluler yang telah memasuki generasi kelima. Dalam teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui sebuah gelombang radio yang ditentukan. Gelombang radio ini akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi, dan mobile data.

Beberapa kelebihan dari jaringan 5G meliputi :

a.      Kemampuan internet berkecepatan tinggi berbagai perangkat IOT, Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

b.     Minim latensi

c.      Streaming film dan video berkualitas tinggi

d.     Menggerakan beberapa alat dalam satu perangkat

e.      Cloud gaming dengan latensi rendah

f.      Ketersediaan dan kapasitas data besar

g.     Kualitas video call lebih lancar dan jernih

h.     Hemat energi

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pelaku industri digital mulai menyiapkan perangkat dan ekosistem ketika jaringan 5G mulai diterapkan pada smart city, industri manufaktur, e-commerce, kesehatan, logistic dan keamanan.

(Ni Nyoman Murni)

0 Komentar