MANUAL - AUTOMATIC

    Perkembangan teknologi saat ini ibaratkan seperti putaran roda kendaraan yang tidak pernah akan terhenti. Setiap hari, setiap munggu dan bahkan setiap bulan pembaharuan-pembaharuan teknologi silih berganti memanjakan aktifitas manusia dalam segala bidang kehidupan. Tentu saja dalam perkembangan yang ada akan menimbulkan dampak positif dan negatif bagi para penggunanya. Akan tetapi hal tersebut saat ini seakan tidak begitu mempengaruhi aktifitas manusia karna keberadaan perkembangan teknologi lebih banyak dirasakan mempermudah dan mempercepat ruang gerak manusia dalam melakukan berbagai hal. Pada jaman dahulu sebelum manusia mengenal teknologi, segala hal yang dilakukan semuanya serba manual dan membutuhkan waktu ektra untuk sesuatu tersebut. Manusia saat itu sebagian besar berorientasi pada tenaga yang dimanfaatkan. Dengan pemanfaatan tenaga saat itu kita lebih banyak menguras energi daripada pikiran. Ambil saja salah satu contoh yaitu dibidang pertanian yaitu penggunaan tenaga manusia dan tenaga hewan untuk mengelola lahan persawahan. Saat itu selain memerlukan waktu yang lama, pemanfaatan tenaga manusia dan hewan juga dianggap kurang efektif dari segi hasil.

    Kemudian jika dilihat dari bidang pendidikan, teknologi sangat berpengaruh pada proses pendidikan yang dicanangkan pemerintah saat ini. Mulai dari pembaharuan kurikulum, pemberlakuan sistem pembelajaran online, penentuan sistem penilaian dan bahkan pemantauan siswa belajar saat ini dapat dilakukan secara digital. Banyak manajeman sekolah swasta maupun negeri saat ini berlomba-lomba menawarkan proses pendidikan yang berorientasi pada digitalitas dan penggunaan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran siswa dikelas. Dengan penerapan teknologi terbaru saat ini dianggap mempermudah proses transfer pengetahuan dan evaluasi penilaian siswa. Namun selain berdampak positif, proses digital tersebut juga tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang memunculkan permasalahan baru. Salah satu permasalahan tersebut diantaranya yaitu rendahnya semangat pembelajaran siswa karna proses pembelajaran yang tidak melaksanakan tatap muka dengan para pendidik. Dampak dari kurangnya semangat pembelajaran siswa terlihat dari perolehan nilai yang didapatkan siswa ketika dilaksanakannya proses penilaian harian. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pola atau sistem yang diberlakukan dengan memanfaatkan peranan teknologi saat ini.

    Dengan adanya kelemahan dan kekurangan tersebut kita harusnya dapat mengevaluasi secara dini agar peranan teknologi dalam segala aktifitas manusia di bidang apapun dapat diminimalisir untuk nantinya dapat dijadikan sebagai perbandingan pengaruh positif dan negatif perkembangan teknologi di era generasi saat ini. Untuk dibidang pendidikan saat ini, kita harus terus berupaya dan terus berinovasi untuk menyajikan hal-hal baru yang sangat berperan dalam segala aktifitas manusia. Seperti contohnya di SMK TI Bali Global Badung, sekolah ini merupakan sekolah percontohan perkembangan teknologi dibawah naungan yayasan Bali Global denpasar. SMK TI Bali Global Denpasar merupakan satu-satunya sekolah IT terfavorit di wilayah Badung karna dalam pengelolaan manajemannya sangat menutamakan penggunaan sistem yang berbasis teknologi. Dengan adanya sekolah-sekolah IT di Bali khususnya akan memungkinkan terciptanya sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam pengembangan potensi diri. Dengan demikian perbandingan penggunaan sesuatu yang sifatnya manual dan automatis saat ini sangat berpengaruh pada efisiensi dan efektifitas kerja manusia dimana dalam segala aktifitas yang dilakukan lebih banyak memerlukan hal-hal yang serba cepat dan instan. Kesimpulannya yaitu, dengan pemanfaatan perkembangan teknologi saat ini dimana hal tersebut dapat mengubah sistem yang dulunya manual menjadi automatis karna hampir semua pemanfaatan teknologi saat ini dapat dipelajari dan dipahami secara cepat dan juga dapat memenuhi tingkat keakuratan hasil yang ingin dicapai.

(Yan Anugerah Wisesa, S.Sos.H., M.Pd)