LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING PADA SISWA KELAS XI MM 3 SMK TI BALI GLOBAL BADUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022-2023

 

Oleh : 

Ida Ayu Made Ari Widyawati, S.Pd.H 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan yang dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa kelas XI MM 3 SMK TI Bali Global Badung sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran yang bersifat konvensional yang didominasi dengan metode ceramah dalam pembelajarannya. Pola pembelajaran teacher center, dimana guru merasa telah mengajar dengan baik namun siswanya tidak belajar. Ini berarti, bahwa pada diri siswa belum terjadi proses mengasimilasikan dan mengakomodasikan pengalaman-pengalaman atau bahan yang dipelajari dengan prakonsepsi yang sudah dimiliki. Untuk mengatasi kondisi seperti itu, diformulasikan pembelajaran student center dengan model pembelajaran problem base learning, yang memungkinkan siswa lebih aktif, kreatif dan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pendidikan Agama Hindu dengan menerapkan model pembelajaran Probem base learning pada siswa kelas XI MM 3 SMK TI Bali Global Badung semester 1 tahun pelajaran 2022-2023 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa yang beragama Hindu kelas XI MM3 SMK TI Bali Global Badung yang berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif, dengan hasil penelitian: “ Penerapan model pembelajaran Problem base learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan Agama Hindu siswa kelas XI MM 3 SMK TI Bali Global badung semester 1 tahun pelajaran 2022-2023 

Rekomendasi yang disarankan agar guru mencoba menggunakan model pembelajaran problem base learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Guru diharapkan secara sabar membimbing siswa dalam penerapan model pembelajaran ini karena pada awal penerapan model ini ada kecenderungan mengalami kegagalan karena belum terbiasanya siswa mengikuti model pembelajaran tersebut. Kalau siswa sudah terbiasa dengan model tersebut besar harapan penulis, melalui model ini dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan terlatihnya kompetensi sosial siswa.

Kata Kunci:  Problem base learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Baca laporan lengkapnya di sini yuk!

0 Komentar