Ujian ANBK Gelombang 1

 

Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMK di SMK TI Bali Global Badung gelombang 1 digelar pada hari Senin-Selasa, 29-30 Agustus 2022 di Lab Multimedia dan Lab RPL SMK TI Bali Global Badung. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XI berjumlah 45 orang dan 5 orang sebagai cadangan yang dipilih secara acak oleh Pemerintah di satuan pendidikan. Selain itu, ujian ini juga mendatangkan 3 (tiga) orang pengawas dari sekolah lain yaitu dari SMK PGRI 3 Badung. Pelaksanaan ujian ANBK berlangsung dengan tertib dan lancar. 

   

Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H turut memantau kondisi siswa yang mengikuti ANBK. Dalam pelaksanaannya, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini mengacu pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 013/H/PG.00/2022 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022.

   

Perlu diketahui bahwa ANBK ini adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Ada 3 (tiga) instrument yang dinilai yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

   

Siswa SMK TI Bali Global Badung yang mengikuti ANBK dengan tujuan mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Untuk Survei Karakter juga diikuti oleh siswa serta tenaga pendidik untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif, sedangkan untuk Survei Lingkungan Belajar diikuti oleh Bapak I Made Indra Aribawa, S.H selaku Kepala Satuan Pendidikan SMK TI Bali Global Badung yang dimana survei ini bertujuan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran di SMK TI Bali Global Badung.


(Humas)