Kegiatan ANBK di SMK TI Bali Global Badung Selama 2 Hari Berlangsung Dengan Baik Dan Lancar

Kegiatan ANBK di SMK TI Bali Global Badung Selama 2 Hari Berlangsung Dengan Baik Dan Lancar.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMK di SMK TI Bali Global Badung digelar pada hari Senin tanggal 20 September 2021 sampai dengan Selasa tanggal 21 September 2021. Setiap harinya dilaksanakan 2 sesi kegiatan yaitu untuk sesi pertama dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan 09.40 Wita  serta sesi kedua dimulai dari pukul 09.40 sampai dengan 11.50 WITA. Kegiatan ANBK ini diikuti oleh Kepala Satuan Pendidikan SMK TI Bali Global Badung, 33 orang tenaga pendidik, dan 50 orang siswa yang dipilih secara acak dengan metode yang ditetapkan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini juga mendatangkan 3 (tiga) orang pengawas dari sekolah lain yaitu dari SMK Pratama Widya Mandala.


Untuk pelaksanaannya, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini mengacu pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021.


Perlu diketahui bahwa ANBK ini adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Ada 3 (tiga) instrument yang dinilai yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Siswa SMK TI Bali Global Badung yang mengikuti ANBK dengan tujuan mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasila belajar kognitif. Untuk Survei Karakter juga diikuti oleh siswa serta tenaga pendidik untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif, sedangkan untuk Survei Lingkungan Belajar diikuti oleh Bapak I Made Indra Aribawa, S.H selaku Kepala Satuan Pendidikan SMK TI Bali Global Badung yang dimana survei ini bertujuan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran di SMK TI Bali Global Badung.