Rahina Purnama Sekaligus Kegiatan Pasraman Kilat di SMK TI Bali Global Badung

 

Pada hari Rabu, 27 Desember 2023, siswa/i yang tergabung dalam organisasi KSHDI (Komunitas Siswa Hindu Dharma Globaliti Badung) mengadakan kegiatan pasraman kilat yang berlokasi di SMK TI Bali Global Badung dengan tema Membangun Kesadaran Etika dalam Melestarikan Kebudayaan Hindu Bali. Kegiatan Pasraman Kilat ini diikuti oleh siswa/i SMK TI Bali Global Badung kelas X yang beragama hindu. Kegiatan Pasraman Kilat ini dilaksanakan berdasarkan surat edaran Gubernur Bali melalui Dinas Pendidikan Provinsi Bali tentang pelaksanaan kegiatan pesraman kilat di lingkungan sekolah guna mewujudkan peningkatan pendidikan berbasis agama hindu.

   

Kegiatan ini diawali dengan sembahyang bersama karena bertepatan dengan rahinan purnama. Kemudian kegiatan pasraman kilat ini dibuka secara resmi oleh Bapak I Made Indra Aribawa, S.H selaku Kepala SMK TI Bali Global Badung yang dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut agar generasi muda dapat mempererat tali silaturahmi sekaligus menjaga adat dan budaya khususnya di Bali. 

   

Ibu Ida Ayu Made Ari Widyawati, S.Pd.H selaku Pembina KSHDI (Komunitas Siswa Hindu Dharma Globaliti Badung) memberikan materi tentang etika dalam pembuatan upakara yang kemudian dilanjutkan dengan praktek upakara dan uparengga dalam upacara agama. Dalam kegiatan ini, para siswa membuat klakat yang dibina oleh Bapak I Gde Made Darma Wiguna, S.Pd dan Bapak I Made Dwi Adnyana, S.H. Kemudian para siswi membuat canang sari dan kwangen yang dibina langsung oleh Ibu Ida Ayu Made Ari Widyawati, S.Pd.H dan Ibu I Gusti Ayu Ria Sukma Dewi, S.Pd.

   

Kegiatan diikuti secara antusias oleh seluruh siswa. Semoga dengan adanya kegiatan ini, wawasan peserta didik bertambah serta memiliki budi pekerti yang luhur. Selain itu, mereka mampu menerapkan nilai-nilai etika yang baik di kehidupan bermasyarakat.


(Humas)