4 Siswa SMK TI Bali Global Badung Persembahkan Robot GB Onyx Sweeper 1 pada Perayaan HUT ke-7

 

4 (empat) siswa SMK TI Bali Global Badung diantaranya Kayra, Gung Eka, Bayu, dan Daniel mempersembahkan Robot yang diberi nama GB Onyx Sweeper 1 pada puncak Acara HUT ke-7 SMK TI Bali Global Badung yang berlangsung pada Sabtu, 11 November 2023. Kegiatan yang mengusung tema "Dedikasi Dengan Hati" berlokasi di Bamboo Coffee, Jl. Raya Dalung, Dalung, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung. Acara ini dihadiri oleh Pengurus Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar yang dalam hal ini dihadiri oleh Bapak Ida Bagus Dharmadiaksa, Ak., M.Si selaku Pembina, Bapak Dr. Dadang Hermawan selaku Ketua, Bapak Drs. I Gusti Made Murjana, M.Pd selaku Sekretaris, Bapak I Gusti Ngurah Wardana, S.Pt., MM.Kom selaku Bendahara Yayasan, Ibu Lilis Yuningsih selaku Sekretaris Yayasan Widya Dharma Santhi sekaligus Pimpinan Datayasa Computer, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Ni Nyoman Rai Artini,SE selaku Ketua Tim Pembinaan Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMK, Bapak Drs. I Gusti Made Bawasuarya, M.Pd selaku Pengawas Madya SMK Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Bali, Kepala SMK TI Bali Global se-Bali, Kepala Desa Dalung, Kepala Desa Padangsambian Kelod, Lurah Kerobokan Kaja, serta perwakilan Du/Di yakni PT. Tera Data Indonusa dan Coding Academy. Tak hanya itu, siswa/i SMP yang menjadi juara pada lomba-lomba Gota Festival 2 serangkaian HUT ke-7 SMK TI Bali Global Badung beserta pembinanya, juga turut menghadiri acara ini.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan penampilan tari penyambutan yaitu Tari Sekar Jepun, selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan doa, serta sambutan-sambutan. Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H., memberikan sambutan sekaligus laporan yang menyampaikan rasa bahagianya terhadap prestasi yang telah ditorehkan oleh siswa/i SMK TI Bali Global Badung baik di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Salah satu hal yang menjadi hal yang membanggakan di tahun ke-7 ini adalah launchingnya Robot GB Onyx Sweeper 1 karya 4 (empat) siswa SMK TI Bali Global Badung yang tidak lepas dari dukungan dinas pendidikan provinsi bali, yayasan, dan warga SMK TI Bali Global Badung serta seluruh pihak. Ke depannya, Beliau memiliki target untuk memiliki Teaching Factory untuk menunjang proses pembelajaran berbasis produk/jasa. Kerjasama dunia usaha dan industri juga terus dilakukan. Pada hari yang bahagia ini pula, telah dibuka penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 dan terdapat konsentrasi keahlian tambahan yaitu bisnis digital. Beliau berharap agar jurusan baru ini dapat memfasilitasi minat dan bakat masyarakat.

Selanjutnya, Ketua Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar yakni Bapak Dr. Dadang Hermawan yang menyampaikan bahwa saat ini di dunia kerja banyak diperlukan tenaga IT. Beliau juga berpesan terkait prinsip BMW yakni Bekerja, Melanjutkan Kuliah, dan Berwirausaha. Kemudian sambutan dari Ibu Ni Nyoman Rai Artini, SE., selaku Ketua Tim Pembinaan Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMK yang membacakan sambutan Kepala Dinas, Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, lalu dilanjutkan dengan Presentasi Robotic oleh 4 Siswa yakni Kayra, Gung Eka, Bayu, dan Daniel. Ide ini muncul karena lingkungan sekolah yg luas, sehingga mereka membuat robot ini dengan tujuan membantu CS sekolah untuk membersihkan halaman sekolah dan mereka berharap dengan adanya robot ini, dapat meningkatkan efisiensi waktu. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara SMK TI Bali Global Badung dengan dunia usaha/dunia industri (Du/Di) dari Coding Academy. Selain itu, juga dilakukan penyerahan hadiah-hadiah sejumlah perlombaan tingkat SMP se-Bali serangkaian HUT ke-7 SMK TI Bali Global Badung diantaranya Olimpiade Bahasa Inggris, Lomba Fotografi, Lomba Videografi, Lomba Nyurat Akasara Bali, dan Volleyball School Competition antar SMP se-Bali.

Sebagai perayaan puncak acara HUT ke-7 SMK TI Bali Global Badung, dilakukan pemotongan tumpeng dan tiup lilin sebagai bentuk rasa syukur atas segala hal yang telah diberikan oleh Tuhan kepada SMK TI Bali Global Badung hingga saat ini. Acara pun ditutup dengan penampilan hiburan dari alumni SMK TI Bali Global Badung. Semoga ke depannya, SMK TI Bali Global Badung dapat terus meningkatkan inovasinya dalam bidang teknologi.


(Humas)