Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK TI Bali Global Badung Tahun Ajaran 2023/2024

 

SMK TI Bali Global Badung menyelenggarakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang berlokasi di Wantilan Pura Desa lan Puseh Desa Adat Padang Luwih, Dalung pada tanggal 10-12 Juli 2023. Bertemakan "Terus Melaju Kembangkan Potensi Diri Jadi Ahli Bidang Teknologi", kegiatan MPLS ini diikuti oleh 188 siswa yang terdiri dari tiga Kompetensi keahlian yakni 75 siswa Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), 86 siswa Multimedia (MM), 27 siswa Teknik Komputer Jaringan (TKJ). 

   

Tujuan dari kegiatan MPLS adalah menggali potensi diri siswa baru, bentuk adaptasi siswa baru dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa baru dan warga sekolah lainnya, serta menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan pendidikan karakter di Indonesia.

   

Kegiatan pembukaan MPLS yang dilaksanakan pada Senin, 10 Juli 2023 ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar sekaligus rektor Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali yakni Bapak Dr. Dadang Hermawan. Peserta MPLS sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan hingga akhir. Pembukaan MPLS ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Dr. Dadang Hermawan serta pemakaian atribut MPLS kepada wakil peserta yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta MPLS.

   

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian materi perkembangan teknologi komputer oleh Bapak Dr. Dadang Hermawan, materi tentang wawasan wiyata mandala oleh Bapak Drs. Ida Bagus Anom, M.Pd., serta sosialisasi tata tertib lalu lintas oleh Polres Badung. 

   

Dilanjutkan pada hari kedua, peserta diperkenalkan tentang lingkungan sekolah oleh Bapak I Made Indra Aribawa, S.H selaku Kepala SMK TI Bali Global Badung. Lalu, dilanjutkan dengan sosialisasi pendidikan karakter oleh Bapak Drs. I Gusti Made Murjana, M.Pd, sosialisasi wawasan kebangsaan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung, dan sosialisasi dari Kita Sayang Remaja.

   

Di hari ketiga MPLS, peserta mendapatkan sosialisasi kepramukaan dari Ibu Ni Putu Eka Rusminiatini, S.Pd dan sosialisasi tentang pemimpin masa kini oleh Bapak Dr. Ida Bagus Dharmadiaksa, Ak., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan MPLS dan diakhiri dengan acara hiburan berupa pentas seni yang ditampilkan oleh peserta dari masing-masing kelompok dan siswa/i SMK TI Bali Global Badung.

   

Harapan besar agar para peserta MPLS SMK TI Bali Global Badung ini bisa menjadi insan-insan yang berkarakter baik, berguna, berdisiplin, terampil dalam bidang keahlian masing-masing, terasah baik secara hard skill ataupun soft skill serta memiliki budi pekerti yang luhur. Kami keluarga besar SMK TI Bali Global Badung mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, OSIS, dan narasumber yang telah membantu dan meluangkan waktunya sehingga pelaksanaan MPLS tahun ini berjalan dengan lancar.


(Humas)