Kegiatan Pasraman Kilat Pertama di SMK TI Bali Global Badung

 

SMK TI Bali Global Badung pertama kalinya melaksanakan kegiatan Pasraman Kilat. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni dari hari Jumat, 16 Juni 2023 dan Sabtu, 17 Juni 2023 yang berlokasi di Wantilan Pura Desa lan Puseh Desa Adat Padang Luwih. Kegiatan Pasraman Kilat ini dilaksanakan berdasarkan surat edaran Gubernur Bali melalui Dinas Pendidikan Provinsi Bali tentang pelaksanaan kegiatan pesraman kilat di lingkungan sekolah guna mendukung meningkatnya pelayanan pendidikan berbasis agama di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i SMK TI Bali Global Badung kelas XI dan XII yang beragama hindu dengan jumlah keseluruhan sebanyak 261 orang. Adapun siswa/i yang tergabung dalam organisasi KSHDI (Komunitas Siswa Hindu Dharma Globaliti Badung) turut membantu mensukseskan kegiatan ini sebagai panitia pelaksana kegiatan pasraman kilat.

   

Kegiatan ini diawali dengan sembahyang bersama dan dibuka secara resmi oleh Bapak I Made Indra Aribawa, S.H selaku Kepala SMK TI Bali Global Badung yang dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut agar generasi muda dapat mempererat tali silaturahmi sekaligus menjaga adat dan budaya khususnya di Bali. 

   

Ibu Ida Ayu Made Ari Widyawati, S.Pd.H selaku Ketua Panitia yang sekaligus Pembina KSHDI (Komunitas Siswa Hindu Dharma Globaliti Badung) melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan generasi muda yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia sesuai dengan profil pelajar pancasila. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan Pasraman Kilat ini juga sebagai wadah untuk memberikan bekal kepada anak-anak mengenai berbagai hal yang positif sesuai dengan materi yang sudah disiapkan, sehingga output dari kegiatan ini diharapkan anak-anak memiliki sikap dan etika yang baik, serta memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan.

   

Kegiatan hari pertama diisi oleh materi tentang etika berperilaku dan berbusana di lingkungan sekolah yang diberikan oleh Ketua PHDI Kabupaten Badung yakni Bapak DR. Drs. I Wayan Rudia Adi Putra, M.Ag., lalu dilanjutkan dengan materi Dharma Gita yang diberikan oleh Pengawas PAH SMA/SMK yakni Bapak I Made Jendra, S.Pd., M.Si. Kemudian di hari kedua, para siswa kegiatan diberikan materi praktek yoga asanas yang dipandu oleh Bapak I Gede Pasek Artana, S.Ag., M.Pd.H selaku Pengawas PAH SMA/SMK dan materi praktek upakara dan uparengga dalam upacara agama yang diberikan oleh Ibu Ni Luh Ernawati, S.H beserta tim dari Penyuluh Non PNS Padang Luwih.

   

Kegiatan diikuti secara antusias oleh siswa. Seluruh siswa aktif mengikuti kegiatan serta dapat menyelesaikan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, wawasan peserta didik bertambah serta memiliki budi pekerti yang luhur. Selain itu, mereka mampu menerapkan nilai-nilai etika yang baik di kehidupan bermasyarakat.


(Humas)