Pecaruan Rsi Gana, Pemlaspasan, Piodalan Saraswati, dan Pawintenan Saraswati di SMK TI Bali Global Badung

 

Kegiatan Piodalan saraswati yang jatuh pada Saniscara Umanis Wuku Watugunung yaitu pada tanggal 20 Mei 2023 di SMK TI Bali Global Badung diawali dengan dilaksanakannya Upacara Pecaruan Rsi Gana, Pemlaspasan gedung kemudian dilanjutkan dengan Piodalan saraswati dan pawintenan Saraswati (Penyucian diri lahir dan bathin guna mendekatkan diri dengan manifestasi Tuhan dalam wujud Dewi Saraswati) yang diikuti oleh Kepala SMK TI Bali Global Badung Bapak I Made Indra Aribawa, S.H Serta Guru dan juga staff.

   

Upacara ini di Puput oleh Ida Ratu Perande Mas Timbul Gria tengah Kaba-kaba, Kediri Tabadan di hadiri Bapak Prof. Dr. I Made Bandem, M.A selaku Pembina Yayasan Widya Darma Sidhi, Bapak Dr. Dadang Hermawan Ketua yayasan Pendidikan Bali Global denpasar sekaligus Rektor ITB Stikom Bali serta  Bapak I Gusti Ngurah Wardana, S.Pt., MM.Kom selaku Bendahara yayasan, 

   

Pada rangkaian Upacara ini ditampilkan juga Tari Rejang Sari, Tari Rejang Renteng, Tari Topeng Keras, dan Tabuh yang dibawakan oleh siswa/i, staf, dan guru SMK TI Bali Global Badung. Lantunan Kidung (Nyanyian Suci) saat sebelum dan setelah persembahyangan juga dibawakan dengan merdu oleh siswa/i SMK TI Bali Global Badung.

   

Upacara berlangsung hikmat tahap demi tahap yang diikuti oleh seluruh warga SMK TI Bali Global Badung dan Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar. diharapkan kegiatan upacara ini mampu mempererat rasa persaudaraan di SMK TI Bali Global Badung serta dapat menetralisir kekuatan alam yang dapat mengganggu areal pekarangan.


(Humas)