KSHDI Gelar Kegiatan Malam Perenungan Hari Raya Siwaratri SMK TI Bali Global Badung

 

Dalam rangka perayaan Hari Siwaratri, Komunitas Semeton Hindu Dharma Globaliti (KSHDI) SMK TI Bali Global Badung mengadakan kegiatan malam perenungan Hari Raya Siwaratri dengan tema "Melalui Perayaan Hari Raya Siwaratri Kita Tingkatkan Sradha dan Bhakti Serta Intropeksi Diri". Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga SMK TI Bali Global Badung yang beragama Hindu pada hari Jumat, 20 Januari 2023.

   

Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama di Padmasana SMK TI Bali Global Badung untuk memohon keselamatan dan kelancaran karena bertepatan dengan Hari Raya Siwaratri. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara malam perenungan di Halaman SMK TI Bali Global Badung. Rangkaian acara dimulai dengan tarian pembukaan yakni Tari Sekar Jagat yang dibawakan secara apik oleh siswi SMK TI Bali Global Badung yang tergabung dalam ekstra tari. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang dilaporkan langsung oleh siswi atas nama Ni Putu Marshendy selaku ketua panitia acara malam perenungan Hari Raya Siwaratri ini.

   

Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga sekolah yang hadir pada kegiatan ini. Beliau juga membuka secara resmi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya pada perayaan Hari Siwaratri. Dalam rangkaian malam perenungan ini, ditayangkan sebuah video dokumenter tentang cerita Lubdaka yang menjadi cikal bakal Hari Raya Siwaratri. Kemudian dilanjutkan dengan dharma wacana yang dibawakan oleh Bapak I Gede Pasek Artama, S.Ag., M.Pd.H., selaku pengawas Agama Hindu tingkat SMA/SMK Kabupaten Badung. Dalam dharma wacana tersebut, Beliau memaparkan materi tentang makna siwaratri, tapa brata siwaratri, hingga nilai-nilai yang terkandung pada cerita lubdaka. Acara meditasi bersama dan penyerahan sertifikat kepada narasumber dharma wacana menjadi penutup rangkaian acara yang khidmat ini.

   

Kegiatan berlangsung dengan lancar. Seluruh warga SMK TI Bali Global Badung sangat antusias dan tertib dalam mengikuti seluruh rangkaian acara malam perenungan perayaan Hari Raya Siwaratri ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita dapat merenungi segala dosa yang telah diperbuat selama ini dan bisa memohon kepada Sang Hyang Siwa yang juga sedang melakukan payogan agar diberikan tuntunan sehingga bisa keluar dari perbuatan dosa tersebut.


(Humas)