Persembahyangan Hari Raya Saraswati, Siswa Kelas X Natab Banten Sisya Upanayana

 

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, SMK TI Bali Global Badung melaksanakan kegiatan Persembahyangan Piodalan Saraswati di Padmasana SMK TI Bali Global Badung.  

   

Rangkaian persembahyangan Piodalan Saraswati ini diawali dengan penampilan Tari Rejang Sari, Tari Rejang Renteng, Tari Topeng, dan Tabuh yang dibawakan oleh siswa/i, staf, dan guru SMK TI Bali Global Badung. Lantunan Kidung (Nyanyian Suci) saat sebelum dan setelah persembahyangan juga dibawakan dengan merdu oleh siswa/i SMK TI Bali Global Badung.

   

Acara persembahyangan berlangsung dengan hikmat dan dipimpin oleh Pemangku dan dipandu oleh siswa yang tergabung dalam KSHDI (Komunitas Semeton Hindu Globaliti Badung). Kegiatan persembahyangan ini diikuti oleh seluruh warga SMK TI Bali Global Badung yang beragama Hindu. Pada kesempatan ini, siswa kelas X juga natab wangi sisya upanayana.

Setelah persembahyangan selesai, diumumkan juga juara lomba gebogan yang dilaksanakan pada Jumat (21/10) kemarin. Hadiah juara gebogan diserahkan langsung oleh Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H., yang didampingi oleh Ibu Ida Ayu Made Ari Widyawati selaku Wakasek Humas yang dalam hal ini juga sebagai Pembina KSHDI.

   

Hari Raya Saraswati ditujukan kepada Dewi Saraswati adalah persembahan dan mengucapkan syukur ke Tuhan Yang Maha Esa dengan manisfestasinya sebagai Dewi Saraswati atau simbol Vidya atas anugerah ilmu pengetahuan yang dikaruniakan kepada kita semua, hingga bisa terlepas dari Avidyam (kebodohan). 

   

Hari raya saraswati adalah hari yang sangat penting bagi umat Hindu khususnya bagi siswa sekolah dan penggelut dunia pendidikan. Karena umat Hindu mempercayai hari Saraswati adalah hari turunnya ilmu pengetahuan suci kepada umat manusia. 


(Humas)