Kunjungan Kerja Rektor ITB STIKOM Bali Beserta Kepala SMK TI Bali Global se-Bali ke SMK Raden Umar Said Kudus

 

Pada hari Senin, 3 Oktober 2022, Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H yang didampingi oleh Bapak I Putu Agus Purnama Adi Putra, S.E., M.M selaku Kepala Tata Usaha, bersama dengan Bapak Dr. H. Dadang Hermawan selaku Ketua Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar sekaligus Rektor ITB STIKOM Bali beserta seluruh Kepala SMK TI Bali Global se-Bali mengadakan kunjungan ke SMK Raden Umar Said (RUS) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. SMK Raden Umar Said atau biasa disingkat dengan RUS merupakan sekolah SMK binaan Djarum Foundation yang juga berbasis teknologi, dimana telah memiliki berbagai sarana dan prasarana yang bertaraf Internasional serta kurikulum kerja di dunia industri kreatif. Seluruh tim disambut hangat secara langsung oleh Bapak Fariduddin, S.Sn selaku Kepala SMK Raden Umar Said untuk melihat fasilitas dan metode pembelajaran yang digunakan. 

      

SMK RUS memiliki berbagai studio animasi bernama RUS Animation Studio dengan fasilitas yang lengkap, seperti Drawing Studio, Production Studio, Visual Effect Studio, Color Grading Studio, Sound Studio, Mini Theater, Motion Capture Studio, dan Art Studio. Tak hanya itu, fasilitas seperti software yang digunakan di SMK RUS juga dirancang sesuai dengan kebutuhan industri. Dalam metode pembelajarannya, SMK RUS menerapkan sistem "Merdeka Belajar" yang terkonsep dengan apik. Siswa diberikan kesempatan untuk mencari minatnya di tahun pertama yang kemudian dibekali oleh pengetahuan umum sesuai minat tersebut. Kemudian, di tahun berikutnya, para siswa akan melanjutkan untuk menekuni bidang yang diminatinya dengan kurikulum yang disusun sendiri berdasarkan sasaran yang ingin dicapai melalui pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PBL) sehingga memiliki target untuk Teaching Factory sekolah, sebelum akhirnya para siswa terjun ke dunia industri untuk magang dengan kurun waktu minimal enam bulan.

Seluruh tim sangat takjub dan antusias ketika berkeliling melihat situasi yang ada di SMK RUS ini. Semoga dengan adanya kunjungan ini, Kepala SMK TI Bali Global Badung mendapat pelajaran baru yang bisa dijadikan referensi untuk dapat meningkatkan fasilitas dan kualitas pendidikan bagi siswa SMK TI Bali Global Badung.


(Humas)