SMK TI Bali Global Badung Laksanakan Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020


Pada tanggal 22 Desember 2020, bertempat di gedung barat SMK TI Bali Global Badung, SMK TI Bali Global Badung mengadakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020. Kegiatan tahunan ini berdasarkan pada Permendikbud No 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pasal 18 telah diatur bahwa : penilaian prestasi kerja kepala sekolah  (PKKS) dilakukan secara berkala setiap tahun. Dan penilaian tersebut meliputi sasaran Kerja Pegawai (SKP), perilaku, dan kehadiran.


Dalam kegiatan yang diketuai oleh Gede Putu Agustyawan, S.Pd (Waka Kurikulum) ini, I Made Indra Aribawa, SH selaku Kepala SMK TI Bali Global Badung memberikan Laporan Asesmen Capaian Kinerja Kepala Sekolah selama masa penilaian 2 Januari 2020 - 31 Desember 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin objektivitas, akuntabilitas, dan pembinaan kepala sekolah yang didasarkan kepada sistem prestasi dan sistem karier. Dan bisa membawa manfaat antara lain :

  1. Bagi Kepala sekolah, sebagai bahan evaluasi diri, dasar perbaikan dan peningkatan kinerja, dan pengembangan profesi.
  2. Bagi Dinas Pendidikan, sebagai pemetaan kinerja kepala sekolah yang dapat dijadikan dasar kenaikan pangkat, pemberian tunjangan, sanksi, mutasi, dan/atau promosi, serta untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan.
  3. Bagi Kemendikbud, sebagai dasar dalam pemetaan kinerja Kepala Sekolah secara nasional, provinsi dan kabupaten/kota, dasar penyusunan kebijakan pembinaan dan pengembangan kepala sekolah, penetapan kenaikan pangkat, pemberian tunjangan kinerja, sanksi, mutasi, dan promosi kepala sekolah.

Adapun Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2020 di SMK TI Bali Global Badung ini adalah Pengawas Pembina SMK TI Bali Global Badung yaitu Ir. Made Ngurah Tusan, M.Agb dari Disdikpora Propinsi Bali.

PKKS dilaksanakan oleh atasan langsung sesuai dengan kewenangannya meliputi komponen hasil :

  1. Pelaksanaan tugas manajerial.
  2. Pengembangan kewirausahaan.
  3. Pelaksanaan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.
  4. Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  5. Tugas tambahan di luar tugas pokok.

Di akhir kegiatan Tim Penilai PKKS Tahun 2020 SMK TI Bali Global Badung memberikan kesan baik dan berjalan lancar.