SMK TI Bali Global Badung kembali menggelar kegiatan rutin pengambilan rapotan semester ganjil untuk seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Kegiatan yang burlesquing ini menjadi momen penting bagi siswa, orang tua, dan guru untuk mengevaluasi prestasi belajar siswa selama satu semester.
Terdapat hal yang sedikit berbeda pada pengambilan rapotan kali ini, khususnya bagi siswa kelas XII. Mengingat siswa kelas XII saat ini tengah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), pihak sekolah memberikan kesempatan kepada orang tua siswa untuk mengambil rapotan anak mereka secara langsung. Momen ini dimanfaatkan oleh para wali kelas untuk berdiskusi dengan orang tua mengenai perkembangan siswa, serta memberikan informasi terkini mengenai program selanjutnya, termasuk persiapan menuju ujian-ujian penting seperti Ujian Sekolah (US), Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), TOEFL, dan persiapan kelulusan hingga Graduation. Sehingga orang tua siswa mengetahui serangkaian kegiatan dan mensupport anak-anak mereka.
Tujuan utama dari pengambilan rapotan ini adalah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai prestasi belajar siswa kepada orang tua. Melalui rapot, orang tua dapat mengetahui perkembangan anak mereka, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Selain itu, rapot juga berfungsi sebagai sarana komunikasi antara sekolah, siswa, dan orang tua. Dengan demikian, diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara ketiga pihak dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.
Bagi siswa kelas X dan XI, pengambilan rapotan juga menjadi momen yang penting untuk merefleksikan diri. Mereka dapat melihat sejauh mana target belajar yang telah ditetapkan dapat tercapai. Selain itu, rapot juga dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar pada semester berikutnya.
Dengan terselenggaranya kegiatan pengambilan rapotan ini, diharapkan prestasi belajar siswa SMK TI Bali Global Badung dapat terus meningkat. Sekolah juga berharap agar kerjasama antara sekolah, siswa, dan orang tua dapat semakin erat sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa.
(Humas)