SMK TI Bali Global Badung Berpartisipasi dan Raih Penghargaan Dalam Kegiatan SMK FEST 2024


SMK FEST 2024 yang digelar oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali berlangsung di Taman Werdhi Budaya Art Centre pada tanggal 20-22 Maret 2024. Dalam tiga hari ini, terdapat beberapa kegiatan seperti: Expo Kreativitas SMK yang berkolaborasi dengan industri dimana seluruh siswa/i SMK se-Bali menyajikan produk-produk unggulan hasil inovasi mereka. Dalam kegiatan ini pula, dilaksanakan pula Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK se-Bali, Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) SMK se-Bali, Lomba Festival Inovasi dan Kewirauhasaan Siswa (FIKSI) SMK se-Bali, dan sejumlah agenda lainnya.


Kegiatan SMK FEST 2024 ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali yakni Bapak Dewa Made Indra yang didampingi oleh Kadis Dikpora Provinsi Bali Dr. KN Boy Jayawibawa, serta Kabid Pembinaan SMK, I Gusti Ngurah Crisna Adijaya, S.STP., M.M yang bertempat di Panggung Terbuka Ardha Chandra Art Centre Denpasar pada hari Rabu, 20 Maret 2024 yang ditandai dengan penanaman tunas kelapa serta penandatanganan prasasti oleh Sekda Dewa Made Indra, sebagai simbolisasi kolaborasi dan persatuan SMK se-Bali dalam satu semangat 'Merdeka Berkarya, Vokasi Berjaya'.


Sekda Provinsi Bali yakni Bapak Dewa Made Indra menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi pada gelaran SMK Fest Bali yang digelar di Art Centre Denpasar selama tiga hari ini. SMK Fest merupakan momen serta ruang bagi siswa/i SMK untuk mengekspresikan skill, talenta, hingga jiwa entrepreneurship yang juga berkolaborasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Kabid Pembinaan SMK, I Gusti Ngurah Crisna Adijaya, S.STP.., MM., merinci ada 270 peserta di tingkat regional yang mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan di SMK Fest 2024. 


SMK Fest sendiri sebelumnya telah digelar berjenjang di tingkat kabupaten/kota. Festival ini digelar di enam titik yaitu Denpasar, Badung, Gianyar, Buleleng, Bangli (melingkupi Karangasem dan Klungkung), serta Jembrana (yang melingkupi Tabanan) hingga puncak SMK Fest pada tingkat Provinsi Bali dilaksanakan di Art Centre.

    


SMK TI Bali Global Badung pun turut berpartisipasi hadir dan memukau pengunjung dengan menunjukkan keunggulan dalam berbagai bidang teknologi melalui proyek-proyek inovatif dan keahlian yang luar biasa dari para siswa seperti desain grafis, pemrograman game, dan robotik. Pengunjung stand Expo SMK TI Bali Global Badung yang terdiri dari siswa SMP di Bali sangat antusias mencoba bermain game karya siswa dan memenangkan tantangan yang diberikan oleh tim dari stand expo SMK TI Bali Global Badung.


   

Tidak hanya itu, siswa/i SMK TI Bali Global Badung juga unjuk bakat dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK se-Bali kategori Lomba Kreativitas Musik Tradisi/Seni Penciptaan dan Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) SMK se-Bali kategori Lomba Kabel Jaringan Komputer Informasi (Information Network Cabling)/Teknologi Informasi & Komunikasi.

   

   

Pada malam penutupan SMK FEST 2024, 2 siswa atas nama Mohammad Alfiannur Roziq (X PPLG 2) serta I Gusti Nyoman Andika Febriawan (XI DKV 4) meraih penghargaan atas partisipasi mereka dalam pembuatan maskot, logo, dan piktogram untuk kegiatan PORJAR tahun 2024. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar SMK TI Bali Global Badung karena tahun ini siswa/i kami diberikan kepercayaan untuk menuangkan ide, kreasi, dan inovasi mereka dalam membuat maskot, logo, dan piktogram Porjar. Semoga kegiatan SMK FEST 2024 ini bisa dijadikan motivasi bagi seluruh civitas khususnya di SMK TI Bali Global Badung untuk terus berkarya dan mengukir prestasi khususnya dalam bidang teknologi di masa depan.

(Humas)