SMK TI Bali Global Badung, Lepas 152 Siswa Kompeten Angkatan ke-4 Tahun Ajaran 2022/2023

 

SMK TI Bali Global Badung melaksanakan acara pelepasan siswa/i kelas XII Angkatan ke-4 pada hari Jumat, 2 Juni 2023 secara tatap muka di Nirmala Hotel & Convention Center. Para siswa/i kelas XII dilepas secara resmi oleh Kepala SMK TI Bali Global Badung yakni Bapak I Made Indra Aribawa, S.H yang ditandai dengan penyerahan siswa secara simbolis dari Kepala SMK TI Bali Global Badung kepada Komite Sekolah serta pengalungan gordon. 

   

Acara pelepasan disaksikan oleh Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar, Kasi Kurikulum dan Pembelajaran serta Pengawas Disdikpora tingkat SMK Provinsi Bali, serta perwakilan dari dunia usaha dan dunia industri. Jumlah siswa/i yang dilepas pada tahun ini sebanyak 152 orang yang terdiri dari 22 siswa Teknik Komputer Jaringan (TKJ), 52 siswa Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan 78 siswa Multimedia (MM).

   

Dalam sambutannya, Kepala SMK TI Bali Global Badung, Bapak I Made Indra Aribawa, S.H., menyampaikan rasa syukurnya karena siswa kelas XII yang dilepas tahun ini telah menuntaskan serangkaian pendidikan dari kelas X, XI, dan XII serta mengikuti program ujian akhir. Masing-masing ujian sekolah secara online melalui aplikasi GoJi yaitu aplikasi yang dibuat SMK TI Bali Global Badung, uji kompetensi keahlian dengan penguji dari dunia usaha dan industri, serta uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi SMK Negeri 1 Denpasar.

   

Beliau juga mengaku bangga karena berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan manajemen SMK TI Bali Global Badung, diketahui 56,58% siswa yang dilepas berencana bekerja. Sisanya 20,39% berencana kuliah dan 3,94% menjadi wirausaha. Kepala SMK TI Bali Global Badung juga menyampaikan bahwa salah satu lulusan kali ini sedang mengikuti seleksi pemuda pelopor yaitu membuat inovasi teknologi membuat alarm dan semoga siswa SMK TI Bali Global Badung dapat mewakili Bali ke kancah Nasional. Beliau juga menyarankan lulusannya agar studi lanjut di ITB STIKOM Bali karena SMK TI Bali Global Badung satu grup dengan ITB STIKOM Bali. Di samping linear, diharapkan lulusannya menjadi ahli teknologi bersama ITB STIKOM Bali. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua/wali siswa karena telah mempercayakan putra-putrinya untuk bersekolah di SMK TI Bali Global Badung.

   

Ketua Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar sekaligus Rektor ITB STIKOM Bali yakni Bapak Dr. Dadang Hermawan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada orangtua siswa karena telah mempercayakan anaknya untuk bersekolah di SMK TI Bali Global Badung karena di zaman sekarang, perusahaan banyak mencari karyawan dengan latar belakang lulusan IT. Hal ini menjadi keuntungan bagi SMK TI Bali Global Badung karena siswa/i dapat lebih awal mengenal teknologi ditambah lagi potongan DPP 60% yang khusus diberikan oleh ITB STIKOM Bali kepada lulusan SMK TI Bali Global Badung angkatan ke-4 yang ingin melanjutkan pendidikan di ITB STIKOM Bali. Beliau juga menyarankan untuk memegang prinsip BMW yang berarti ‘Bekerja, Melanjutkan, dan Wirausaha’ dimana diharapkan siswa/i SMK TI dapat menjadi lulusan yang siap bekerja, melanjutkan pendidikan, serta berwirausaha.

   

Kasi Kurikulum dan Pembelajaran Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Bali yakni Bapak I Gede Agus Rai, S.Sn., M.Sn menyampaikan pentingnya penyelarasan kurikulum dengan dunia industri yang telah bekerja sama dengan SMK TI Bali Global Badung serta pembelajaran teaching factory yang mengarah ke vokasional. Beliau juga menghimbau agar SMK TI Bali Global Badung mengarahkan siswa sesuai passion mereka agar tercipta lulusan yang kompeten baik softskill maupun hardskill.

   

Pada kesempatan ini pula, dilakukan penandatanganan MOU antara SMK TI Bali Global Badung yang diwakili oleh Bapak I Made Indra Aribawa, S.H dengan Bapak I Nyoman Indrawan selaku pimpinan PT. Master Data yang diketahui pula oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Kerja sama ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi pendidikan vokasi melalui dunia usaha/dunia industri. 

   

SMK TI Bali Global Badung juga mengumumkan Juara Umum Kompetensi Keahlian di kelas XII, yaitu :

- Teknik Komputer Jaringan

1. I Putu Yogi Pradnyana

2. I Putu Gede Dika Wijaya

3. I Made Agus Satria Ari Teling

- Rekayasa Perangkat Lunak

1. Gede Najwa Davinarditha

2. Muhammad Abbas Syah

3. Komang Tri Ananda Putra

- Multimedia

1. Atika Fitria Arifiana

2. Ni Putu Rahayu Satriani

3. Ni Putu Marshendy

   

Dari para juara umum tersebut, ATIKA FITRIA ARIFIANA terpilih menjadi Siswa Terbaik di Angkatan ke-4 ini. Acara pelepasan siswa kali ini dimeriahkan oleh penampilan seni dan budaya dari siswa SMK TI Bali Global Badung serta persembahan teater dari OSIS SMK TI Bali Global Badung yang bernama Teater Antik (Anak Teknologi, Informasi, dan Komunikasi). Kehadiran Barong Boys yang menjadi bintang tamu dalam acara pelepasan ini pun membuat acara semakin meriah dan memberikan kesan yang berharga bagi angkatan ke-4 ini. Semoga ilmu yang didapat selama bersekolah di SMK TI Bali Global Badung dapat menjadi bekal bagi siswa/i angkatan ke-4 dan SMK TI Bali Global Badung selalu berjaya dari masa ke masa.


(Humas)