Bulan Bahasa Bali, OSIS SMK TI Bali Global Badung Gelar Lomba Dharma Wacana Antar Kelas

 

Dalam rangka Bulan Bahasa Bali tahun 2023, OSIS SMK TI Bali Global menggelar lomba Dharma Wacana antar kelas dengan tema "Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani" yang dimaknai sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 14 Februari 2023 di Borgola SMK TI Bali Global Badung dan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelas.

   

Dewan juri pada Lomba Dharma Wacana ini adalah Ibu Ni Putu Eka Rusminiatini, S.Pd dan Ibu I Gusti Ayu Ria Sukma Dewi, S.Pd selaku Guru Agama dan Bahasa Bali di SMK TI Bali Global Badung. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan seluruh rangkaian kegiatan pada acara ini menggunakan Bahasa Bali. Para peserta memberikan penampilan terbaik mereka dalam membawakan materi Dharma Wacana ini dengan Bahasa Bali dan berlomba dengan sportif. 

   

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, maka didapatkan hasil juara lomba dharma wacana, yaitu:

1. I Gede Widiana Putra (X PPLG 2) dengan total nilai 1032

2. I Gusti Ngurah Putu Agoeng (X DKV 2) dengan total nilai 999

3. I Komang Gede Galih Sastra Utama (X DKV 1) dengan total nilai 993

   

Selain lomba Dharma Wacana dengan menggunakan Bahasa Bali, ada juga penampilan pentas seni siswa/i SMK TI Bali Global Badung seperti Tari Bali dan Akustik dengan membawakan lagu yang berbahasa Bali. Semoga dengan adanya lomba ini, para generasi muda diharapkan lebih mengenal lebih dalam serta mampu melestarikan adat, budaya, bahasa, dan sastra Bali agar tidak tergerus zaman.


(Humas)