Bekerja dengan MVC

 

Bagi teman-teman yang sudah berkecimpung pada dunia perkodingan pasti tidak asing lagi dengan konsep MVC. Bagi yang baru belajar bahasa pemrograman terutama yang mengambil kuliah jurusan IT pastinya semester awal akan diajarkan membuat program, tapi tahukah kalian bahwa paradigma dalam membuat program tersebut ada beberapa macam. Bagi mahasiswa awal pasti diajarkan terlebih dahulu pemrograman prosedural, contoh script kodingan yang menggunakan paradigma procedural dapat dilihat pada gambar di atas. Paradigma Prosedural tersebut bagus untuk pemula ketika baru mulai belajar membuat program namun akan susah/tidak bagus ketika program yang dibuat sudah dalam skala besar atau program yang kompleks apalagi jika membuat program tersebut dengan tim secara kolaboratif. Maka dari itu apabila programnya kompleks dan programnya dikerjakan secara bertim akan lebih baik jika menggunakan konsep MVC.

Apa itu mvc????? Sederhananya mvc itu adalah pola arsitektur pada perangkat lunak berorientasi objek dimana mvc tersebut bisa digunakan pada bahasa pemrograman apa saja asal menerapkan pemrograman berorientasi objek. Tujuan dari penggunaan MVC ini adalah untuk memisahkan antara tampilan, data dengan proses. MVC tersebut akan memisahkan komponen menjadi 3 yaitu, model,view dan controller

Model = berhubungan dengan data / database

View = berhubungan dengan tampilan

Controller = berhubungan dengan proses / sebagai penghubung antara view dengan model

Terus apa alasannya kita menggunakan MVC??

1. Organisasi dan struktur folder yang baik

2. Memisahkan logic, proses dan tampilan

3. Mempermudah dalam maintenance code karena kita bekerja secara bertim

4. Digunakan oleh banyak framework seperti codeigniter,laravel, Yii dan lain lain.

Sebetulnya framework yang menggunakan MVC itu bisa lebih kompleks lagi misalnya framework codeigniter

Bisa dilihat pada gambar diatas, bahwa framework codeigniter tidak hanya memiliki 3 komponen (model view controller) namun juga memiliki komponen — komponen tambahan. Nah, Sekarang sudah paham kan apa itu konsep MVC yang tentunya akan membantu untuk manajemen file atau saat kita membuat project yang aplikasinya kompleks sehingga maintenance aplikasi jadi semakin mudah. 


Referensi :

Youtube Chnnel Web Programming UNPAS 

https://www.codeigniter.com/userguide3/overview/appflow.html

http://slides.com/seko91/mvc-structure/fullscreen


(Anak Agung Sandatya Widhiyanti, S.Kom., M.Kom)